Seperti yang di kutip Wikipedia.Org Optimisasi mesin pencari (Search Engine Optimization, atau biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. Bisa dikatakan Blog/Web yang "diakui" oleh  Seach Engine.

Tips SEO awam-belajar.blogspot.com

Belajar SEO sangat diwajibkan untuk seorang blogger pemula (seperti saya), Karena SEO sangat berpengaruh besar terhadap sebuah blog. Kali ini saya sedikit membahas Cara-Cara SEO yang sedang saya praktekan di blog ini. Dari sekian banyak cara yang bisa dipakai saya hanya mencoba beberapa saja seperti:

  • Mencari, Memilih, dan Menentukan Keyword yang tepat
  • Mencari sebuah keyword memang mudah, akan tetapi untuk memilih dan menentukan sebuah  keyword tidaklah mudah karna membutuhkan sebuat riset. Riset disini bisa kita lakukan dengan beberapa cara, bisa menggunakan Google Keyword PlannerKeywordtool.io , SEMRush, Long Tail Pro, Term Explorer, MozBar atau SEOQuake.

  • Konten yang "Berkualitas"
  • Sebenarnya soal konten saya tidak begitu paham mana yang berkualitas mana yang tidak. Karna yang menentukan Search Engine. Tapi menurut senior-senior yang mengerti tentang SEO sangat menganjurkan seorang blogger harus memiliki konten yang berkualitas agar "diakui" oleh Search Engine.

  • Template yang Tepat
  • Meamasang template yang tepat juga sangat berpengaruh terhadap tingkat SEO sebuah blog. Template yang tepat dapat memudahkan Search Engine me-Crawl blog secara maksimal. pemilihan template yang tidak tepat bisa berakibat buruk terhadap blog salah satunya blog akan terasa "berat" (Terlepas dari jaringan si pengunjung). Template haruslah menarik agar para visitor/pengunjung "betah" berlama-lama diblog kita,

  • OUTBOUND dan INBOUND Link
  • OUTBOUND merupakan link yang menuju site lain sedangkan INBOUND sebaliknya  link yang menuju site sendiri , bisa link artikel terkait atau halaman yang berbeda tapi tetap di site yang sama. outbound dan inbound sebuah blog perlu diperhatikan jangn sampai oubound lebih banyak dibandingkan inbound.

  • Backlink
  • Menurut beberapa artikel tentang SEO , backlink sudah tidak menentukan tingkat SEO suatu blog. Akan tetapi TIDAK SEMUA BENAR , baclink masih cukup penting untuk sebuah blog terutama Backlink Berkualitas.

Sekian pembahasan saya tentang Belajar SEO ala Orang Awam. Untuk  tingkat keberhasilannya saya tidak bisa menjamin.
 
Top