Alangkah baiknya sebelum melangkah lebih jauh ke dunia blogging, kita harus memahami pengetahuan dasar untuk memulai ngeblog. Berikut ini saya akan mencoba jelaskan satu per satu menu yang ada di samping kiri Dashboard dari blogger.com.

Menu Dashboard Blogger awam-belajar.blogspot.com

A. Ikhtisar
Bagian ikhtisar hanya berisi info umum dari blogmu, seperti statistic, jumlah komentar dan artikel terbaru, tips-tips blogging dan lainnya.
B. Pos
Ini adalah menu untuk mulai posting atau menulis artikel. Klik menu tersebut maka kamu akan masuk ke deretan artikel yang sudah dipublikasikan maupun yang belum yang masih dalam bentuk Draft. Untuk mengedit tulisan maka cukup arahkan kursor di bagian atas judul tulisan maka akan muncul 4 pilihan:
  • Edit – Untuk merubah atau menambah isi tulisan dan juga judulnya.
  • Pratinjau – Untuk melihat tampilan tulisan sebenarnya pada saat online.
  • Hapus – Untuk menghapus tulisan yang sudah kamu buat.
Sedangkan untuk membuat tulisan baru, maka cukup klik tombol “Entri Post” yang ada di kiri atas.
C. Laman
Berfungsi hanya untuk membuat artikel profil atau keterangan dari blog, seperti halaman Profil, Kontak, Privacy Policy, Pasang Iklan dan sebagainya. Cara mengeditnya sama dengan artikel.
D.Komentar
Tempat dimana kalian dapat mengolah komentar -komentar dari visitor, ntah itu dihapus ataupun dimasukkan daftar spam.
E. Statistik
Di menu ini kalian dapat melihat data kunjungan per hari, minggu atau bulan. Menu ini dianjurkan dicek tiap hari untuk mengetahui apakah pengunjung blogmu berkembang terus atau malah turun.
F. Kampanye
Lebih dikenal dengan ‘Adwords’. Tempat dimana kalian dapat meningkatkan visitor kalian, disarankan untuk yang mempunyai "Modal". Adword merupakan fitur milik google dimana kita dapat memasang iklan yang akan dipromosikan oleh google, dengan biaya per klik, blogmu akan muncul di banyak halaman blog dan menghasilkan kunjungan yang banyak.
G. Tata Letak
Fungsinya untuk mengatur letak widget, menambah widget baru ataupun menghapusnya.
H. Template
Tempat dimana kalian dapat merombak tampilan blog kalian, selain itu kalian dapat menyelipkan script, meta, javascript dan lainnya.
I. Setelan
Menu yang satu ini bisa dibilang sangat penting untuk pengaturan SEO blog yang dikelola. Untuk itu saya mau menjelaskan kembali bagian-bagiannya:
  1. Dasar – Pada bagian ini kalian dapt mengatur Judul dan Deskripsi blog klian. Selain itu, untuk merubah blogspot jadi domain pribadi . Juga untuk tambah penulis yang bisa login, cukup klik “Tambah Pengarang” lalu masukkan email gmail penulisnya dan simpan.
  2. Pos, komentar, dan berbagi – Yang diatur di bagian ini adalah jumlah artikel yang muncul di halaman utama, tinggal ganti angkanya lalu klik “Simpan setelan” di bagian kanan atas. Selain itu letak komentar di bawah artikel juga bisa di atur, kalau tidak mau mengambil banyak tempat, pilih ‘tersemat’ saja. Dan juga tempat mengatur keterlibatan Google+ dalam blog kalian.
  3. Email – Tempat dimana kalian bisa mengirim postingan lewat email. Caranya tulis kata di kolom antara namamu dan @blogger.com nantinya alamat tersebut bisa kamu pakai untuk posting artikel lewat email. Contoh alamat emailnya, misal orang.awam@blogger.com (pastikan hanya mengetik kata ‘awam’ tersebut tanpa titik), Selain itu kalian bisa mendapat pemberitahuan lewat email jika ada komentar masuk di blog kalian.
  4. Bahasa dan pemformatan – Bagian ini juga baiknya di atur, terutama zona waktu dan bahasa yang digunakan.
  5. Preferensi penelusuran – Sudah ada penjelasannya di atas, yaitu untuk mengaktifkan deskripsi blog. Selain itu, bisa juga untuk buat redirect atau pengalihan dari satu artikel ke artikel lain yang masih dalam satu blog dengan cukup ketik kata dari url nya
  6. Lainnya – Fitur blogspot ini dipakai untuk mengimpor dan ekspor blog, artinya kita bisa memasukkan ratusan artikel sekaligus dari file berformat XML dengan pakai fitur ekspor ini. Demikian juga, kita bisa pakai backup file blog dengan klik fitur ekspor. Disini juga kalian bisa menghapus blog kalian. Dan yang perlu dilakukan juga adalah mengatur ‘Umpan situs” di dalamnya dengan memilih “singkat” agar artikel blognya tidak bisa dicopy otomatis langsung semua artikelnya (ini ada triknya kalau tidak dijadikan ‘singkat’). Mengatur konten dewasa dan menambah ID Google Analytics.
 
Top