Kali ini saya akan sedikit membahas cara mendaftarkan blog kita ke Webmaster. Dari sekian banyak webmaster, saya memilih webmaster milik Google. Oke langsung saja, Pertama kalian masuk dulu ke situs resmi Webmaster milik Google di Google Webmasters. Pada halaman depan situs tersebut kalian akan menemukan tombol masuk/login, silahkan masuk menggunakan akun gmail kalian.
Google Webmaster awam-belajar.blogspot.com
Setelah itu kalian akan masuk ke halaman utama Webmasters Tools, dan kalian akan menemukan beberapa menu yang bisa digunakan untuk mengembangkan blog/situs kalian. Untuk mendaftarkan blog kalian kalian hanya perlu klik tombol Add A Property/Tambahkan Properti.
Masukkan alamat blog/situs kalian dikolom yang disediakan,trus klik Add/Tambah.
Google Webmaster awam-belajar.blogspot.com

Google Webmaster awam-belajar.blogspot.com
Ket:
  • Bagi yang memakai domain TLD dengan hosting blogspot wajib memakai www didepan alamat blog kalian.
  • Bagi yang memakai domain TLD tapi memiliki hosting sendiri (self hosting), domain yang memakai www maka maka berikan nama www sebelum nama domain (www.domain.com), dan domain tidak memakai www berikan nama tanpa www (domain.com).
  • Bagi yang memakai blogspot cukup memberikan nama blog nya tanpa www (misalnya namablog.blogspot.com).
Langkah berikutnya adalah melakukan verifikasi kepemilikan blog/situs yang kalian miliki dengan beberapa metode.
Google Webmaster awam-belajar.blogspot.com

Kalian bisa memilih metode yang disarankan/Recommended, biasanya metode disarankan/Recommended itu untuk website dengan hosting pribadi sehingga kalian perlu mengupload kode html-nya ke dalam root. Namun untuk blogspot langsung saja memilih metode Alternate methods/Metode alternatif. Ada beberapa metode alternatif yang bisa kalian gunakan. Kalian hanya perlu memilih satu metode yang kalian anggap paling gampang untuk di terapkan.

Google Webmaster awam-belajar.blogspot.com

Kali ini saya menggunakan metode HTML Tag, metode ini bisa untuk jenis domain apa saja. Kalian hanya memasukkan secara manual. Untuk blogspot sangatlah mudah, buka template blogspot kalian, klik template kemudian klik edit html. Untuk memudahkan pencarian kode, tekan control+f dan ketik kode <head>. Copy kode meta yang disediakan dan letakkan /paste kode tersebut di halaman template tepat sesudah kode <head>, klik simpan/save.
Kemudian kembali ke google webmaster tools dan klik Verify/Verifikasi.
Setelah melakukan verifikasi dengan metode yang kita pilih diatas, kita bisa melihat hasilnya dari google webmaster tools.
Selamat Blog/Situs kalian telah diverifikasi, Sekarang kalian dapat menggunakan menu yang disediakan di Google Webmaster untuk mengembangkan blog/situs kalian.
 
Top