Blog
Blog atau yang biasa disebut weblog merupakan sebuah catatan pribadi yang dimuat dalam sebuah postingan dan disimpan dalam sebuah halaman yang muat berbagai tulisan dalam format teks yang bisa disisipi gambar dan lainnya dengan aplikasi web berupa sistem manajemen konten dari setiap topik yang ditulis untuk disajikan sebagai bentuk informasi yang biasanya bersifat terbuka bagi siapa saja yang mengunjungi dan membaca isi dari blog tersebut.

Sejarah Blog
Blogger.com merupakan media blog pertama yang dipopulerkan dan dimiliki oleh Pyralabs, sebelum akhirnya diakusisi oleh perusahaan Internet raksasa Google diakhir tahun 2002. Sejak saat itu perkembangan dari blog sangat pesat. Hingga saat ini banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat terbuka diperuntukkan untuk perkembangan para penulis blog.

Fungsi Blog
Berawal dari catatan pribadi berupa informasi, kini fungsi blog bermacam-macam, tergantung dari keinginan si-adminnya.  Ada yang menjadikan blog sebagai tempat promosi sebuah produk milik pribadi maupun milik sebuah persahaan, ada juga tempat yang mereview dan menyediakan file-file secara "gratis", dan masih banyak lagi.

Membuat Sebuah Blog
Untuk membuat sebuah blog sangatlah mudah, syaratnya sangat mudah cukup mempunyai akun email, berhubung tutorial ini menggunakan platform Blogger.com sangat diwajibkan menggunakan akun Gmail. Untuk yang belum punya silahkan daftar di halaman resminya gratis kok.
Trus untuk dapat membuat blog kalian bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini :
Pertama kalian buka situs resmi Blogspot di Blogger.com. Ditampilan depan situs tersebut kalian dapat menemukan tombol login/masuk, silahkan masuk dengan akun gmail yang telah kalian buat.

Cara Daftar Blogger awam-belajar.blogspot.com
Setelah itu akan terbuka halaman baru dimana kalian akan menemukan tombol New Blog/Blog Baru, trus kalian klik tombol tersebut.
Cara Daftar Blogger awam-belajar.blogspot.com 
Cara Daftar Blogger awam-belajar.blogspot.com

Kalian akan melihat beberapa kolom-kolom kosong yang harus kalian isi.
  • Kolom Judul : Berfungsi untuk menamai blog yang kalian buat , misalkan "Orang Awam Belajar Blog"
  • Kolom Alamat : Berfungsi untuk menamai alamat blog kalian, nama sesuai keinginan kalian, perlu kalian ingat alamat yang sudah digunakan pengguna lain tidak dapat digunakan lagi cari nama alternatifnya.
  • Pilih Template: Pilihlah template sesuai selera kalian, blogger sudah menyediakan beberapa pilihan template. Tapi jika kalian ingin merubah tampilan blog kalian bisa diedit pada menu Edit Template di menu blog nanti.
Kemudian klik Tombol Buat Blog.

Selamat blog kalian telah dibuat, sekarang tinggal membuat postingan pertama kalian.
 
Top