World wide Web (WWW) adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahunn 1991. awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW.
Gambar World Wide Web awam-belajar.blogspot.com
Pada tahun 1989 Berners-Lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'Waring Wera Wanua' sudah dapat dijalankkan dalam lingkungan CERN (Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa). Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
WWW bekerja berdasaarkan pada tiga mekanisme berikut:
  • Informasi disimpan di dalam dokumen yang sering kita sebut halaman web
  • Halaman web adalah file-file yang disimpan dalam komputer. Komputer tersebut dikenal dengan istilah web server.
  • Komputer yang mengakses isi dari halaman web disebut dengan web clients.
  • Web clients menampilkan halaman web dengan program yang dikenal dengan nama Web browser seperti Chrome, Firefox dan Internet Explorer
Gambar Browser awam-belajar.blogspot.com
Ada beberapa proses agar sebuah Browser dapat menampilkan halaman Web.
Semua halaman web mengandung intruksi-intruksi tentang bagaimana dia akan tampilkan, terus Browser menampilkan halaman tersebut dengan cara mambaca intruksi-intruksi ini dan intruksi yang paling umum tersebut disebut dengan tag-tag HTML
Misalkan kita ingin membuka sebuah halaman dengan URL http://wikipedia.org/wiki/World_Wide_Web.
Yang pertama, browser memecahkan bagian nama server dari URLnya (wikipedia.org) ke dalam alamet Protokol Internet menggunakan basis data terdistribusi yang dikenal dengan istilah Domain Name System (DNS). DNS kemudian mencari nama URL tersebut kemudian memberikan alamat IPnya seperti misalnya 208.80.152.2. Browser kemudian meminta resource dengan jalan mengirimkan HTTP request melalui Internet kepada komputer dengan alamat IP tersebut . Browser membuat request tersebut melalui port tertentu supaya HTTP request yang lain (seperti misalnnya pengiriman email) dapat tetap ditangani. Protokol HTTP biasanya menggunakan port 80.
Komputer yang menerima HTTP request akan mengirimkan request tersebut ke aplikasi web server. Jika web server dapat memenuhi request tersebut, dia akan mengirimkan HTTP respone ke browser dan memberikan status sukses semacam HTTP. Web browser akan mengurangi kode HTML, menerjemahkannya serta menuliskan teks yang terkandung didalam halaman web ke layar.
Banyak halaman web juga mengandung konten lain seperti gambar,script,CSS, dll. Browser akan membuat HTTP request tambahan pada web server untuk hal tersebut. Ketika browser menerima konten tersebut, browser secara progresif akan me-render konten tersebut dan menampilkannya ke layar.
SUMBER:
 
Top